Langsung ke konten utama

KEUNTUNGAN MEMILIKI TOKO ONLINE DIBANDINGKAN TOKO OFFLINE

Bisnis sebuah hal yang menjadi impian banyak orang. Dengan berbisnis kita akan menjadi bos dari diri kita sendiri. tapi berbisnis pun tidak semudah yang diberikan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dengan perkembangan teknologi, juga mempengaruhi pada jenis bisnis.
Dulu untuk membuka bisnis, anda harus memiliki sebuah toko dan barang. Orang-orang pun harus mengunjungi toko anda langsung. Tapi sekarang, tanpa memiliki toko pun anda sudah bisa membuka sebuah bisnis dan pembelinya bisa dari seluruh dunia.
Toko online dan toko offline menjadi sebuah persaingan di era digital seperti saat ini. sebenarnya keuntungan punya toko online memang lebih banyak dibandingkan toko offline. Untuk lebih jelasnya kita bahas perbandingannya dibawah ini.

Tempat Jualannya

toko_online
Hal inilah yang paling membedakan antara toko online dan toko offline. Untuk toko online tentunya anda tak perlu sewa tempat. Walaupun anda di rumah saja, sudah bisa membuka bisnis online. Anda hanya perlu gadget, jaringan internet dan platform untuk jualan. Maka sudah bisa langsung membuka bisnis online. Platformnya, bisa memakai BBM, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.
Sedangkan toko offline, anda harus memiliki toko atau sewa tempat untuk jualan. Berarti modal yang anda butuhkan pun semakin banyak. inilah yang menjadi keuntungan dari toko online, modal sedikit dan tak perlu memiliki toko untuk jualan.

Jangkauan Pasar (Market Reach)

market reach
Keuntungan memiliki toko online adalah jaringan pasar yang lebih luas. Anda bisa menjangkau sampai seluruh dunia. Sedangkan toko offline hanya di tempat tertentu saja. Mungkin hanya di sekitar tempat tinggal anda saja. Dengan membuka toko online, anda bisa mendapat pelanggan dari Amerika atau Eropa. Apalagi hampir semua negara di dunia ini sudah memiliki jaringan internet.
Untuk toko offline, mungkin hanya di hari tertentu saja anda bisa mendapatkan pelanggan dari daerah lain. Tapi untuk keseharian mungkin hanya dari orang terdekat saja.

Kepraktisan

transfer uang
Dibandingkan dengan toko offline, toko online memang lebih praktis. Anda hanya perlu membuat sebuah website lalu memasang barang yang akan anda jual. Sedangkan toko offline, anda harus menata toko dengan sebaik mungkin. Sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli.
Selain itu untuk proses transaksinya juga lebih mudah. anda hanya perlu menunggu transferan uang dan mengirimnya. Tak perlu memberikan uang kembalian atau masalah transaksi yang ribet lainnya. anda pun tak perlu menata barang dagangan dengan baik. karena semua orang hanya melihat di sosial media yang anda gunakan saja.

Resiko Berjualan

drop-shipping
Setiap jualan pasti ada resikonya. Entah itu jualan online maupun offline. Tapi untuk jualan online resikonya lebih sedikit dibandingkan offline. Apalagi di jualan online anda bisa memakai sistem dropship. Jadi anda tak perlu stok barang. Hanya perlu memasang foto dan nanti kalau ada orang yang beli. Pihak suplier yang akan mengirim barang ke konsumen atas nama Anda. jadi tak perlu takut barang numpuk banyak dan tidak terjual.
Sedangkan toko offline otomatis anda harus stok barang yang banyak. sehingga akan banyak orang yang datang ke toko anda. resiko barang tidak laku akan semakin besar. Apalagi jika Anda jualan makanan, harus bisa menjualnya dengan baik.
Jenis kedua bisnis ini memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Banyak orang yang melakukan keduanya. Memiliki toko offline tapi juga memasarkannya secara online. Sehingga keuntungan yang didapatkan semakin besar.
Kelebihan toko online memang lebih banyak dibandingkan toko offline. Oleh karena itu banyak orang yang beralih ke bisnis online. Plarform yang digunakan juga semakin bermacam.

sumber : http://internetmarketing.co.id/keuntungan-memiliki-toko-online-dibandingkan-toko-offline/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Soal Bisnis Online Kelas XII

1.Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya,misalkan web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran atau promosi agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan merupakan pengertian dari.... a.Pemasaran Online b.Bisnis Online c.Berita Online d.Iklan Online e.Promosi Online 2.Informasi dengan mudah dapat didapatkan dengan menggunakan.... a.Blog,Wiki,Jaringan Sosial b.Email,Google,Yahoo c.Instagram,Facebook,Twitter d.Messenger,Wifi e.Semua benar 3.Iklan banner yang dijual kepada firma hukum oleh global network navigator pada tahun.... a.1999 b1998 c.1994 d.1993 e.1992 4.Sebuah majalah web pertama yang menjual ruang iklan dalam jumlah besar ke sejumlah pengiklan adalah majalah ..... a.HotWired b.Hotword c.Hotwork d.Hotwide e.Hotworld 5.Kapan iklan interaktif  lahir.... a.2016 b.2000 c.1996 d.1997 e.1998 6.  3 langkah tersebut merupakan langkah untuk.... a.Menciptakan permintaan konsumen b.Menciptakan keb...

Contoh Iklan

Contoh Iklan Beserta Gambarnya Dunia periklanan menjadi bidang yang masih diminati hingga sekarang. Pasalnya, iklan digunakan oleh banyak usaha mulai dari kuliner, pendidikan, retail, percetakan, dan lain sebagainya. Kualitas iklan pun akan mempengaruhi reputasi sebuah perusahaan atau pebisnis yang ingin mempromosikan produknya. Semakin padat dan menarik, semakin banyak target pembeli yang terjaring. Definisi Teks Iklan Teks iklan adalah sebuah  Media Promosi   efektif  yang dipakai untuk mempromosikan atau memasarkan produk kepada konsumen. Daya jangkaunya yang masif dan luas memungkinkan produk yang diiklankan tersebut menyentuh target pasar yang diincar. Seperti yang disebutkan, iklan memungkinkan produk—baik barang atau jasa—dikenali konsumen sehingga mereka mau membeli atau mengonsumsinya. Kini, persaingan di dunia periklanan pun semakin ketat dengan kian bertambahnya media dalam beragam format. Dari radio, televisi, media cetak, hingga  K...